Skip to main content

Cara Cek Jenis Partisi Hard Disk (MBR atau GPT)

Assalamu'alaikum wr.wb
Salam Sejahtera bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan. 


Kali ini saya akan menunjukkan cara mengecek apa jenis partisi Hard Disk anda mengingat hal itu sangat pentng untuk diketahui ketika anda hendak mengubah varian Windows anda karena berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri maupun hasil searching di mbah google dapat diketahui bahwa Windows 7 maupun varian yang lebih lama berjalan pada tipe partisi MBR (Master Boot Record) sedangkan varian Windows setelahnya entah itu Windows 8/8.1 ataupun Windows 10 berjalan pada tipe partisi GTP (GUID Partition Table) dan kabar buruknya mereka tidak bisa berjalan pada habitat lain (Win8 dan seterusnya tidak bisa berjalan pada partisi MBR dan Win7 atau yang lebih lama tidak bisa berjalan di tipe partisi GPT).

Tapi itu belum pasti, bisa saja Hard Disk anda adalah tipe peralihan atau bisa install bolak-balik tanpa harus merubah jenis partisi seperti yang saya alami ketika hendak menginstall Win 8 ke laptop adik saya yang masih Win7 saya dapat menginstallnya tanpa ada kendala, heran juga sih.

Jadi inilah cara mengecek apakah HD anda tipe MBR ataukah tipe GPT :

Buka run pada desktop anda lalu isikan "diskmgmt.msc" dan akan keluar seperti ini

Silakan di klik kanan pada disk mana yang hendak anda cek lalu anda pilih "properties"


Klik pada tab Volume dan ciluk ba dapat dilihat sendiri seperti yang ada di kotak merah, itulah jadi diri jenis Partisi HD anda.

Sekian dulu dari saya, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua untuk kedepannya. Saran dan masukan akan saya sambut dengan baik, Terima kasih.

Wassalammu'alaikum Wr.Wb

Comments

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masihkah anda kebingungan dengan cara mengambil screenshot dari webpage ?

Assalammu'alaikum Wr.Wb Salam Sejahtera bagi kita     Masihkah anda bingung dengan cara mengambil screenshot dari webpage ? jangan khawatir , di kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengambil screenshot dari webpage . pertama tama mari kita lihat terlebih dahulu Video Tutorial berikut ini     Bagaimana ? masihkah anda kebingungan , sekian dari saya yang bisa saya sampaikan , saran dan kritik masih saya butuhkan untuk kedepan yang lebih baik , terima kasih Wassalammu'alaikum Wr.Wb

Cara Mengatasi Windows Blue Screen

Cara Mengatasi Windows Blue Screen Assalammu'alaikum Wr.Wb Salam sejahtera bagi kita semua     Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tragedi yang saya alami minggu ini .... penasaran ? ... jadi minggu ini atau tepatnya pada hari senin laptop saya tersayang mengalami "hang" dan disertai suara dari speaker mendengung seperti lebah alias Kejang Kejang ala Komputer dan kemudian muncullah Wabah "Windows Blue Screen" seperti dibawah  ini :    Nahhh .. bisa anda bayangkan betapa jengkelnya saya saat itu ketika saya sedang bermain game online Dragon Nest , dan yang membuat saya jengkel adalah hal itu terjadi ketika saya sedang PvP (Player Versus Player) memperebutkan rating Ladder . beberapam alteratif mungkin adalah mengklik Repair your windows yang dimana ketika anda merestart komputer anda akan muncul beberapa option seperti di bawah ini :   Anda klik option Launch Startup repair , lalu akan windows akan memunculkan tampilan s